Produk yang Menggunakan Layanan Keuangan Digital

Sebelum kita membahas mengenai layanan digital, kalian sebelum nya tau ga sih apa sih layanan keuangan digital itu? Kalau kalian belum tahu yu kita simak dari penjelasan mengenai layanan keuangan digital itu. Jadi layanan keuangan digital itu kalau dalam bahasa inggris nya adalah digital financial service ada bisa kalian singkat jadi LKD adalah sebuah kegiatan layanan yang menggunakan jasa pembayaran dan juga menggunakan keuangan yang menggunakan sarana teknologi digital misalnya itu seperti menggunakan selular atau kalian bisa menggunakan web untuk melakukan pihak ke tiga. Dari pihak ke tiga ini kalian dapat berupa sebuah individu atau pada masyarakat umum, bukan seorang karyawan dari sebuah lembaga bank, dan kalian memiliki izin secara resmi atau kalian memiliki sebuah lisensi untuk kalain membuka cabang untuk LKD ini.

Tahukah kalian semua kalau sekarang itu ada banyak sekali produk keuangan yang kalian gunakan sehari-hari? Dan tahukah kalian semua sekarang itu kalian tidak perlu repot-repot datang kebank untuk mengambil uang tunai dan melakukan transaksi lain-lainnya? Pada hal ini adalah hasil dari sebuah program keuangan yang sudah diterapkan oleh bank yang ada di Indonesia. Pada program inklusi keuangan ini memiliki tujuan yang mengajak masyarakat terutama untuk golongan yang ada di piramida atau bisa dikatakan dengan para pekerja dengan penghasilan yang cukup rendah dan juga pendapatan yang tidak teratur, dan lain sebagainya agar dapat memahami dan mendapatkan akses layanan pada jasa keuangan yang formal.

Karena sasarannya itu memang masyarakat yang belum menggunakan bank, wajar jika layanan tersebut itu berusaha ke segala sudut kota dan banyakan produk-produk keuangan yang sama sekali tidak berhubungan dengan sebuah bank secara langsung.

Berikut ini adalah inklusi keuangan digital yang kalian tanpa sadari menggunakannya sehari-hari :

Uang Elektronik

Pada saat kalian menggunakan jasa taksi online atau bisa saja kalain menggunakan jasa ojek online kalain tanpa sadar membayar menggunakan uang elektronik yang ada pada aplikasi tersebut. Dan inilah salah satu contoh cara menggunakan 3-money atau kalian bisa sebut uang elektronik. Pada saat ini layanan seperti ini sudah cukup banyak ragamnya. Pada penyediaannya itu ada mulai dari sebuah instusi perbankan itu dan juga dengan provider seluler yang ada.

Rekening Ponsel

Kalau bisa ditanyakan pertanyaan yang mudah maka akan ditanyakan, kalian tahu tidak sih nomer rekening bank kalian? Pada dasarnya nomer rekening bank memang tidaklah mudah di hapalkan karena selain nomer angka nya yang rumit bisa juga karena nomer angkatnya yang panjang sehingga membuat kalian enggan untuk menghapalnya berbeda dengan nomer ponsel kalian. Nah pada zaman ini kalian tidak perlu lagi menggunakan nomer rekening untuk memberikan ke rekan kalian untuk mentransfer, disini kalian hanya cukup dengan nomer ponsel kalian saja, dan kalian akan bisa membuka tabungan. Pada hal ini dikatakan sebagi tabungan rekening ponsel.

Rekening ponsel ini biasanya sudah mengintegrasikan dengan layanan e-money didalam nya itu. Pada layanan itu kalian akan memiliki sebuah fitur yang sangat lengkap seperti rekening pada biasanya, misalnya itu seperti ada fitur stor atau kalian bisa untuk tarik tunai di mesin ATM tanpa adanya kartu untuk ngambilnya, atau bisa juga kalain mentransfer dana hingga kalain juga bisa untuk membayarkan tagihan tagihan yang ada.

Tabungan Digital

Meskipun kalian sama sama menggunakan ponsel pintar tetapi pada layanan ini tabungan digital itu berbeda dengan dengan rekening ponsel atau juga dengan e-banking atau pun m-banking. Lewat layanan ini kalian itu tidak perlu lagi kalian datang ke bank dan membuka sebuah rekening di bank. Kalian disini cukup dengan menginstall aplikasi yang ada di Android atau juga bisa kalian buka di IOS, kalian bisa langsung membuka rekening secara mandiri di rumah atau dimanapun. Ada beberapa contoh layanan untuk membuka tabungan digital salah satu nya itu ada Jenius dari bank BTPN dan ada dari Cermat dari bank BTN.

Laku Pandai

Pada layanan keuangan tanpa adanya kantor dalam rangka sebuah keuangan yang inklusif, yang bisa saja disingkat menjadi Laku Pandai, adalah sebuah program dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan untuk kalain semua menjangkau masyarakat yang sampai saat ini belum mendapatkan sebuah layanan keuangan. Pada hal ini memiliki tujuan agar masyarakat tersebut bisa ikut dalam menikmati layanan perbankan tanpa harus kalian pergi ke bank, kalian bisa lewat agen-agen yang resmi saja yang sudah dipilih, seperti misalnya itu toko kelontong, bisa juga gerai pulsa, bahkan bisa juga di minimarket.

Pada hal ini memiliki sistem yang sepintas terlihat agak mirip dengan sebuah proses tarik tunai yang bisa saja kalian lakukan digerai-gerai seperti minimarket. Tetapi, laku pandai ini memiliki fitur yang lengkap juga seperti sebuah tabungan dari bank.

P2P Lending atau Peer to peer Lending

Salah satu manfaat dari yang bisa saja kalian rasakan dari sebuah program keuangan yang inklusif adalah mudahnya kalian untuk meminjam uang dan juga dapat perinvestasi secara online dengan menggunakan layanan fintech atau finansial technology. Peer to peer lending sangat memungkin kan untuk orang untuk memberikan sebuah pinjaman atau memberikan sebuah pengajuan pinjaman yang satu dengan yang lain dengan tanpa menggunakan dari sebuah jasa dari lembaga keuangan yang sah sebagai sebuah perantara.

Di Indonesia ini sudah ada banyak sekali p2p lending yang memberikan sebuah pinjaman dan juga memberikan sebuah investasi di bagian sebuah bidang. Cara nya itu hanya mengisi sebuah formulir lewat leptop atau smartphone yang kalian miliki yang tentu saja sudah tersambung dengan internet, kalian bisa mulai berinvestasi menggunakan properti atau kalain bisa berinvestasi mrnggunakan properti bisnis kalian, dan kalian bisa langsung mengajukan pendanaan jika kalian membutuhkan sebauh dana untuk mengembangkan bisnis yang kalain miliki. Semua orang memiliki akses untuk berinvestasi dan juga mendapatkan sebuah pendanaan, untuk melakukan bisnis.

Crowdfunding 

Pada platform digital yang satu ini agak sedikit ada kemiripan dengan peer to peer lending, namun pada hal ini uang yang dikumpulkan itu secara gotong royong melalui sebuah website dan dalam hal ini tidak dimaksudkan untuk memberikan sebuah modal untuk uasaha bagi para kalian yang sedang membutuhkannya. Dalam hal ini kalian bisa saja membuah proyek pengumpulan pada dana baru untuk sebuah bidang tertentu misalnya itu seperti pada sebuah pendidikan, pada lingkungan hingga pada sebuah kesehatan. Pada hal ini kalian bisa saja bertujuan untuk membangun sebuah sekolah di daerah yang sudah sangat tertinggal atau sudah tidak ada yang tahu sekarang seperti apa, pada donasi ini untuk kawan-kawan yang sedang sakit atau dengan membutuhkan sebuah pertolongan, dan lain sebagainya.